Selain pendekatan dan model
pembelajaran, dalam pembelajaran juga memerlukan metode pembelajaran. Metode
pembelajaran diartikan sebagai cara yang
digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk
kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Metode
pembelajaran yang bisa diterapkan dalam kegiatan pembelajaran antara lain metode diskusi, metode eksperimen, metode demonstrasi,
dan metode simulasi. Masing-masing dijelaskan sebagi berikut.
a.
Metode Diskusi
Diskusi merupakan suatu kecakapan
atau pembahasan terarah tentang suatu topik, masalah atau isu yang menarik
perhatian semua siswa. Pembahasan dapat diarahkan pada klarifikasi (penjelasan)
suatu isu atau masalah, menghimpun ide dan pendapat, merancang kegiatan, atau
memecahkan masalah. Kegiatan diskusi dapat dilaksanakan dalam kelompok atau klasikal.
Metode ini dapat mendorong siswa lebih kreatif dalam memberi gagasan/ide,
melatih membiasakan bertukar pikiran dalam mengatasi masalah, dan melatih
peserta didik untuk mengemukakan pendapat secara verbal.
b.
Metode Eksperimen
Suatu cara pengelolaan
pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan
membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi
kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu
proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan
sendiri tentang objek yang dipelajarinya.
c.
Metode Demonstrasi
Demonstrasi merupakan suatu
presentasi yang dipersiapkan untuk memperlihatkan suatu perilaku atau prosedur.
Presentasi disertai dengan penjelasan lisan, alat, ilustrasi dan pertanyaaan.
Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan demonstrasi, mendorong siswa melakukan
aktivitas demonstrasi dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang
dipelajarinya. Metode ini dapat mengurangi terjadinya verbalisme, pembelajaran
lebih menarik, dan siswa memiliki kesempatan membandingkan teori dengan
kenyataan. Tujuan demonstrasi antara lain untuk mengajarkan bagaimana cara
membuat sesuatu atau menggunakan alat/prosedur tertentu dengan benar, serta
membangkitkan minat siswa untuk mencoba.
d.
Metode Simulasi
Simulasi merupakan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan peralatan atau suasana tiruan yang bertujuan
agar siswa dapat meningkatkan penguasaannya terhadap konsep serta keterampilan
dalam bidang yang dipelajarinya, serta mampu belajar melalui situasi tiruan
dengan sistem umpan balik dan penyempurnaan yang berkelanjutan. Dengan
demikian, maka siswa mampu mengembangkan kreativitas, memupuk keberanian dan
percaya diri, memperkaya pengetahuan, sikap, dan keterampilannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar